Kadree 13

Free, Freedom, Random

Diorama Tank British Mk III Valentine Mk II

M. Iskandarsyah
Tank British Valentine

Anda tertarik dengan diorama berbau sejarah militer? Coba saja kunjungi galeri mainan di bilangan Jalan Dr. Saharjo, Jakarta Selatan. Di situ, ada beragam diorama alat-alat militer, replika dari sisa kisah perang di muka bumi ini. Lewat tangan ahli, diorama yang cukup detail ini amat menarik untuk disimak. Alhasil, bentuk replika itu betul-betul menyerupai aslinya.
Contoh paling mudah, diorama barisan pasukan infantri Sekutu yang tengah merangsek ke garis Ghotic (Ghotic line) bersama tank British Mk III Valentine Mk II di Italia. Skalanya 1 banding 35. ”Persisnya, kejadian ini waktu musim panas pada 15 sampai 25 Agustus, 1944,” ujar M. Iskandarsyah, pembuat diorama ini.


Saat itu, pasukan ini berada di atas angin sedang musuhnya, Jerman makin terdesak ke garis belakang. Dalam diorama ini beberapa pasukan terlihat berjalan mengiringi manuver tank Valentine yang dibuat pada tahun 1940-an. Iskandaryah membangun diorama ini dalam waktu satu bulan. Model tentara ia pakai buatan Tamiya, Jepang. Replika tank-nya dia ambil dari produksi Maqquete, Ceko. ”Dulu, saya dapatnya dari toko Peter and Partner ini tahun 2001,” tuturnya.
Untuk sumber bacaan dan inspirasi, Iskandarsyah menyebut dua buku. Pertama, Blitzkrieg and Beyond The World Great Tanks, keluaran Roger Ford Publication Grange Book. Lalu buku berjudul Pictoral History of World War II, terbitan Hamlyn Group Ltd, London. Dari situ, Iskandarsyah berhasil mendapat gambaran cerita diorama ini. Kalau malas datang ke toko, Anda bisa kunjungi alamat maya, www.isms.150m.com.
Melihat detail yang ditunjukkan, diorama ini patut diacungi jempol. Iskandarsyah begitu berani menampilkan detail tadi dengan teknik pengecatan semprot dan cat kering yang dipulas dengan kuas. Jangan heran bila tampilan karat yang ada pada tank nyaris sama seperti foto asli. Lewat ”jam terbang” tinggi, Iskandarsyah memang sudah tergolong mahir untuk itu.
Kini, ia berupaya membangun diorama kontak senjata Ambarawa yang melibatkan Tentara Rakyat Indonesia (TRI) dengan penjajah Belanda. Sayangnya, diorama ini masih dalam tahap penyelesaian. Persoalan tambahan literatur yang menjadi kendala besar. Mungkin Anda bisa bantu.
(SH/bayu dwi mardhana)

Copyright © Sinar Harapan 2002

1 komentar:

agung mengatakan...

Eitzzzz....tinggal pelajari lg ajaaahh
gampang ko
thank kadrie for coment

Posting Komentar